Alat panggilan perawat merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk membantu pasien, apabila membutuhkan bantuan dari tim medis. Konsepnya memang sederhana, tetapi menjalankan fungsi yang cukup besar.
Maka dari itu, sekarang hampir setiap ruangan di rumah sakit atau puskesmas ada tombol nurse call. Bukan hanya pada ruang ICU saja, tetapi kamar perawatan biasa pun ada, baik VVIP maupun kategori standar.
Kenapa Alat Panggilan Perawat Penting?
Untuk memasang sistem panggilan ini memang fasilitas kesehatan perlu menyiapkan budget tersendiri. Ada beberapa alasan yang mendasari pengambilan keputusan tersebut, di antaranya:
1. Kekurangan Tenaga Perawat
Dalam dunia medis, kekurangan tenaga perawat seolah sudah menjadi hal umum yang terjadi di berbagai tingkat faskes. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi hampir di negara-negara lain pun tak jauh berbeda.
Dahulu, perawat harus mengecek satu per satu ruangan, baik untuk memeriksa atau sekadar menanyakan kebutuhan pasien. Kondisi tersebut tentu cukup menyulitkan, karena beban perawat menjadi semakin berat.
2. Tugas Perawat Cukup Banyak
Meski menyandang nama sebagai perawat, faktanya tugas seorang perawat cukuplah banyak. Di antaranya mengecek kondisi fisik pasien, membantu tugas para dokter, memberi obat serta suntikan, hingga mengecek keberadaan tanda-tanda vital.
Merujuk dari situs Institute for Healtcare Improvement, perawat hanya menghabiskan 40% waktunya untuk mendampingi pasien secara langsung. Sementara itu, sisa waktu dipergunakan untuk menyelesaikan tugas administrasi dan dokumentasi.
3. Kondisi Pasien Tidak Stabil
Di fasilitas kesehatan manapun, kondisi setiap pasien tentu berbeda-beda. Pasien yang belum stabil masih membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhannya. Terkadang, kondisi mereka juga bisa saja tiba-tiba memburuk.
Peran perawat sangat dibutuhkan ke sini, sehingga harus datang secepat mungkin. Keberadaan alat panggilan perawat akan memudahkan proses pemanggilan tersebut, agar pasien bisa segera memperoleh pertolongan pertama.
Nurse Call System by PT Ayari Persada
Menjawab kebutuhan fasilitas kesehatan dan para pasien, PT Ayari Persada menghadirkan nurse call system yang berkualitas. Salah satunya brand yang sudah terbukti kualitasnya ialah Austco.
Berdiri sejak tahun 1986, Austco sudah melayani lebih dari 60 negara dengan 5.000+ instalasi. Bukan tanpa alasan, tetapi keberadaan Tacera memang menawarkan berbagai kelebihan, seperti:
1. Lapisan Anti Mikroba
Salah satu poin yang menjadi keunggulan Tacera ialah terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Hal tersebut terlihat dengan adanya lapisan anti mikroba yang membuat materialnya tahan lama dan awet.
2. Back-it Call Button
Austco melengkapi Tacera dengan tombol panggil kembali atau back-it call button untuk mempermudah proses komunikasi antara perawat dan pemanggil. Dengan begitu, perawat bisa mengetahui kondisi atau keperluan apa yang dibutuhkan pasien.
3. Alat Panggilan Perawat IP Based Technology
Tacera menerapkan teknologi IP (internet protocol), artinya untuk lalu lintas data alat ini mengandalkan dasar topografi antar jaringan. IP address ini berfungsi untuk memberikan alamat pada setiap alat yang dipasang.
Dengan demikian, perawat bisa mengetahui darimana panggilan tersebut berasal, sehingga penanganan lebih cepat. Menariknya, kinerja sistem tersebut bisa terpantau melalui desktop atau website.
4. Digital Corridor Display
Berbeda dengan IP address, digital corridor display mengkategorikan panggilan pasien ke dalam beberapa tingkat. Setidaknya ada 4 warna yang dimiliki oleh Tacera Nurse Call System, yakni:
- Hijau: panggilan dari pasien dalam kondisi normal atau prioritas keempat
- Kuning: panggilan dari teman sesama perawat yang memerlukan bantuan
- Merah: panggilan yang harus segera mendapat penanganan
- Biru: kondisi gawat darurat dan menjadi prioritas paling tinggi
Untuk memesan Tacera alat panggilan perawat dari Austco, Anda bisa langsung menghubungi PT Ayari Persada. Dapatkan harga terbaik, produk original, masa garansi, dan penanganan dari tim ahli.